Olahraga yang Bagus Bagi Penderita Penyakit Jantung

Purwokerto, SMK CBM-Olahraga memberi banyak manfaat bagi kesehatan semua orang. Bahkan orang yang menderita penyakit jantung pun dapat memperoleh manfaat positif dari olahraga. Namun, tentu mereka harus berhati-hati dalam melakukannya. Tidak semua bentuk olahraga dapat mereka lakukan. Hanya olahraga yang bagus bagi penderita penyakit jantung yang boleh dilakukan.

Apa saja Olahraga yang Bagus Bagi Penderita Jantung

Para penderita penyakit jantung memang tidak boleh melakukan aktivitas yang terlalu berat atau yang terlalu melelahkan. Namun, ini bukan berarti mereka tidak boleh berolahraga. Olahraga yang bagus bagi penderita jantung malah akan meningkatkan kesehatan jantung mereka dan membuat mereka lebih bugar. Berikut ini beberapa olahraga yang direkomendasikan untuk penderita penyakit jantung.

  1. Berjalan kaki

 

Olahraga berjalan kaki cocok bagi orang yang menderita penyakit jantung koroner. Para penderita penyakit ini direkomendasikan untuk berjalan kaki selama satu jam setiap hari. Dengan melakukan olah raga ini, sirkulasi darah mereka akan semakin lancar.

 

Meski demikian penderita penyakit tersebut tidak harus berjalan kaki selama satu jam dalam sekali waktu. Mereka dapat melakukannya secara bertahap dalam satu hari sembari melakukan aktivitas sehari-hari mereka

 

  1. Senam aerobik

 

Senam aerobik dapat meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru karena dalam senam ini, kedua organ tersebut digunakan dalam waktu lama. Senam ini akan membantu jantung memanfaatkan oksigen dengan lebih baik dan memperlancar aliran darah.

 

Untuk mendapatkan manfaat dari senam ini, para penderita penyakit jantung harus melakukannya 3 atau 4 kali dalam seminggu. Sebelum melakukannya, penderita harus melakukan pemanasan yang baik.

 

  1. Jogging

 

Jogging dapat memberi manfaat yang hampir sama seperti jalan kaki. Namun, anda hanya perlu melakukannya selama setengah jam setiap hari untuk dapat memperoleh manfaatnya.

 

  1. Yoga

 

Yoga adalah olahraga yang sangat baik untuk para penderita penyakit jantung. Selain dapat memperlancar peredaran darah, olahraga ini juga dapat memberi efek menenangkan.

Lihat juga: Sambutan Kepala Sekolah SMK CBM

 

  1. Bersepeda

 

Bersepeda memberi banyak manfaat bagi jantung. Olah raga ini tidak hanya dapat melancarkan peredaran darah namun juga dapat mempertebal dinding jantung.

Berolahraga memang dapat menyehatkan jantung. Namun, para penderita penyakit ini harus melakukannya dengan hati-hati dan jangan terlalu memaksakan diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *