Makanan yang Wajib Dikonsumsi oleh Lansia

Purwokerto, SMK CBM-Di usia senja, tubuh lebih banyak membutuhkan nutrisi agar dapat berfungsi dengan baik. Kebutuhan nutrisi yang tercukupi akan membantu lansia tetap sehat dan bugar. Semua kebutuhan tersebut dapat dipenuhi dengan cara mengkonsumsi makanan yang tepat. Apa saja makanan yang wajib dikonsumsi oleh lansia?

5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi oleh Lansia

Para lansia membutuhkan berbagai nutrisi penting untuk menjaga kesehatan mereka. beberapa diantaranya adalah kalsium, vitamin C, vitamin D, serat makanan, dan protein. Berikut ini lima makanan yang wajib dikonsumsi oleh lansia agar tercukupi kebutuhan nutrisinya.

  1. Produk susu

 

Berbagai produk susu seperti yoghurt dan keju merupakan sumber kalsium yang baik. Kalsium sangat dibutuhkan oleh para lansia karena kepadatan tulang mereka semakin berkurang. Sehingga, mereka membutuhkan banyak kalsium untuk menjaga kesehatan tulang mereka.

 

  1. Sayuran

 

Sayuran yang kaya serat dan vitamin sangat baik untuk kesehatan lansia. Pencernaan pada orang yang telah berumur lebih dari 50 tahun biasanya mengalami penurunan kinerja. Sehingga, lansia membutuhkan lebih banyak serat untuk memperlancar pencernaan mereka.

 

Sedangkan vitamin A, C, dan E yang ada pada sayuran akan meningkatkan sistem imunitas mereka yang sudah semakin menurun. Vitamin juga dapat membantu proses penyembuhan tubuh mereka dari luka. Beberapa sayuran yang sangat baik untuk lansia adalah wortel, tomat, bayam, dan brokoli.

 

  1. Kacang-kacangan

 

Kacang-kacangan serta polong-polongan mengandung berbagai senyawa yang bersifat anti peradangan. Sedangkan tubuh lansia rentan mengalami peradangan, contohnya radang sendi dan penyempitan pembuluh darah. Dengan mengkonsumsi kacang polong, kacang merah, dan kacang hijau, nyeri radang sendi dapat berkurang dan peredaran darah mereka semakin lancar.

 

  1. Ikan

 

Berbagai jenis ikan, misalnya salmon, tuna, dan tenggiri kaya akan protein yang dapat menunjang kesehatan otot lansia. Selain itu, ikan salmon juga mengandung banyak omega-3 yang berguna untuk mengontrol kolesterol dalam darah.

Baca Juga: Program Keahlian Analis Kesehatan SMK CBM

 

  1. Buah-buahan

 

Buah-buahan mengandung berbagai vitamin dan antioksidan. Sehingga, lansia yang setiap hari mengkonsumsi buah akan lebih sehat dan tidak mudah sakit. Salah satu buah yang direkomendasikan untuk lansia adalah blueberry.

 

Lansia memang membutuhkan berbagai nutrisi untuk tetap sehat. Akan tetapi, pemenuhan gizi ini harus dilakukan dengan hati-hati. Pembatasan asupan karbohidrat, lemak, dan garam perlu dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *