Fakta Mengenai Penyakit Jantung

Purwokerto, SMK CBM-Penyakit jantung adalah silent killer yang diam-diam mengancam penderitanya. Penderita penyakit ini biasanya tidak menyadari jika ia memiliki penyakit jantung. Untuk memahami penyakit ini dengan lebih baik, anda harus mengetahui fakta mengenai penyakit jantung. Dengan mengetahui fakta ini, anda dapat melakukan tindakan pencegahan tertentu.

 

4 Fakta Mengenai Penyakit Jantung

 

Berikut ini beberapa fakta yang berkaitan dengan penyakit jantung.

  1. Jenis penyakit jantung yang paling umum adalah jantung koroner

 

Penyakit jantung ada beberapa macam tergantung pada letak terjadinya gangguan. Jenis penyakit jantung yang paling sering ditemui adalah penyakit jantung koroner.

 

Penykit jantung Koroner disebabkan karena pembuluh darah jantung menyempit. Sehingga, otot jantung tidak memperoleh nutrisi dan oksigen yang cukup. Akibatnya, jantung tidak dapat memompa darah dengan baik.

 

  1. Penyakit jantung dapat menyerang orang dengan segala usia

 

Penyakit jantung memang identik terjadi pada orang-orang lanjut usia. Meski demikian, penyakit ini dapat menyerang siapa saja, tua maupun muda. Orang yang menderita kelainan jantung bawaan akan memiliki risiko yang lebih besar untuk menderita penyakit jantung pada usia yang relatif muda.

 

Selain faktor bawaan, gaya hidup yang tidak sehat juga dapat membuat seseorang menderita penyakit ini saat masih berusia akhir 30-an. Contoh gaya hidup tidak sehat yang memicu penyakit jantung adalah merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, pola makan yang buruk, dan kurang olahraga.

 

  1. Penyakit jantung tertentu dapat dicegah

 

Penyakit jantung jenis tertentu dapat dicegah dengan cara menghindari faktor risiko. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan penyakit ini adalah kadar kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, merokok, dan diet yang buruk.

 

Agar terhindar dari tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes, anda perlu mengkonsumsi lebih banyak serat dari sayuran dan buah-buahan. Selain itu, anda harus mengurangi asupan garam dan lemak.

Lihat juga: Hari Jantung Sedunia

 

  1. Gejala penyakit jantung pada pria dan wanita berbeda

 

Gejala penyakit jantung pada pria dan wanita tidak sama. Pria yang menderita penyakit jantung biasanya hanya akan mengeluhkan nyeri dada. Namun, wanita yang menderita penyakit jantung biasanya akan mengeluhkan berbagai keluhan, misalnya nyeri dada, sesak napas, mual, dan kelelahan ekstrim.

Dengan mengetahui fakta mengenai penyakit jantung tersebut, anda dapat mulai menerapkan pola hidup sehat. Sehingga, anda dapat menghindari penyakit mematikan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *