Rabies Bisa Disembuhkan?

Purwokerto, SMK CBM-Penyakit rabies sering menimbulkan keresahan di masyarakat, terutama di daerah yang banyak terdapat anjing liar atau hewan liar. Anjing dan hewan liar yang berkeliaran di sekitar lingkungan masyarakat dapat dengan mudah menggigit warga sehingga penularan pun terjadi. Jika ini sampai terjadi, penderita tersebut akan mengalami berbagai gejala. Lalu, apakah rabies bisa disembuhkan?

Apa itu Rabies dan Bisakah Disembuhkan?

Rabies merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Rhabdovirus yang menyebabkan penyakit ini menyerang jaringan otot serta sistem saraf pusat. Oleh karenanya, penderita penyakit ini akan mengalami gejala bertahap dari yang ringan seperti gejala flu hingga kelumpuhan.

Kelumpuhan ringan pada awalnya hanya menyerang area tenggorokan sehingga penderita sulit menelan makanan. Setelah semakin parah, kelumpuhan ini akan menyebar ke seluruh organ dan anggota tubuh. Oleh karenanya, orang yang terinfeksi virus rabies biasanya meninggal karena otot-otot pernapasan mereka mengalami kelumpuhan.

Selama ini, penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus biasanya lebih sulit disembuhkan. Obat-obatan biasanya hanya bisa meringankan gejalanya, namun tidak dapat mematikan virus penyakit. Lalu bagaimana dengan infeksi virus rabies, apakah rabies bisa disembuhkan? Seperti infeksi virus lainnya, penyakit rabies juga sulit untuk disembuhkan.

Pengobatan Rabies

Hingga kini belum ada obat yang pasti yang dapat menyembuhkan infeksi virus rabies yang sudah memunculkan gejala. Oleh sebab itu, luka gigitan atau cakaran binatang liar maupun peliharaan harus segera ditangani, terutama jika hewan tersebut menggigit tanpa alasan dan menunjukkan perilaku aneh.

Lihat Juga: Olahraga Yang Bisa Dilakukan di Rumah

Berikut ini langkah pengobatan yang dapat dilakukan.

  1. Membersihkan luka gigitan atau cakaran

Luka gigitan atau cakaran dari hewan penular harus langsung dibersihkan. Cara membersihkannya adalah dengan mencucinya dengan povidone iodine, antiseptik cair, atau air dan sabun selama lima belas menit. Ini dilakukan untuk membunuh virus rabies sebelum menyebar.

 

  1. Pemberian vaksin

Pemberian vaksin akan dilakukan pada seseorang yang mengalami luka kecil atau lecet pada kulit yang tidak tertutup pakaian.

 

  1. Pemberian rabies immunoglobin

Pada kasus gigitan atau kontaminasi yang lebih parah, pemberian vaksin saja tidak cukup. pasien juga harus diberi rabies immunoglobin.

Dengan demikian, jawaban untuk pertanyaan apakah rabies bisa disembuhkan adalah tidak. Namun, penanganan medis yang dilakukan sesegera mungkin dapat menghindarkan penderita dari kematian dan gejala yang lebih parah.

SMK Citra Bangsa Mandiri Purwokerto mengucapkan Selamat Hari Rabies Sedunia 28 September 2019. Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *