Selamat Hari Olahraga Nasional 2020

Purwokerto, SMK CBM-Olahraga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan mulai dari mencegah penyakit hingga mengobati. Melihat pentingnya olahraga, di Indonesia sendiri pemerintah telah menetapkan satu tanggal yang diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional. Pekan peringatan yang dilakukan setiap tahun ini bermanfaat untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya olahraga secara rutin.

Lantas, kapan dan bagaimanakah sejarahnya dari penetapan salah satu hari penting ini? Berikut ulasannya.

Sejarah Peringatan Hari Olahraga Nasional

Hari penting ini sebenarnya memiliki latar belakang sejarah yang cukup kental.  Hari peringatan olahraga nasional ini memiliki latar belakang yang sangat erat kaitannya dengan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON). PON sendiri pertama kali diselenggarakan pada tanggal 9 September tahun 1948 yang dibuka secara langsung oleh Presiden Soekarno di Solo.

Penyelenggaraan PON sendiri berawal dari penolakan Inggris atas keterlibatan Indonesia untuk ikut serta dalam olimpiade olahraga di Kota London ke-14. Penolakan ini didasarkan atas anggapan Inggris bahwa Indonesia baru saja merdeka sehingga belum layak untuk mengikuti olimpiade. Meski, alasan sesungguhnya karena Inggris adalah sekutu Belanda yang belum menerima kemerdekaan Indonesia.

Lihat Juga: Cara Memanfaatkan Olahraga Sebagai Obat

Atas kejadian ini, Indonesia pun mengadakan pekan olahraganya sendiri atau yang dikenal sebagai PON untuk memperingati kejadian tersebut. PON sendiri hadir berkat konferensi darurat yang diselenggarakan di Solo oleh Persatuan Olahraga Indonesia. Dengan begitu, bisa dikatakan bahwa hari peringatan olahraga nasional ini sangat penting agar bangsa terus mengingat bagaimana sejarah PON terjadi.

Kapan Hari Olahraga Diselenggarakan?

Hari Olahraga Nasional (Haornas) diselenggarakan setiap tanggal 9 bulan September setiap tahunnya. Hari ini bertepatan dengan hari pertama sekaligus pembukaan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON). Setiap empat tahun sekali, Pekan Olahraga Nasional (PON) diselenggarakan bergantian di berbagai penjuru provinsi Indonesia.

Sampai di tahun 2018 saja, peringatan hari bersejarah Haornas ini telah diselenggarakan hingga 35 kalinya. Untuk memperingati hari bersejarah ini, biasanya diselenggarakan dengan beragam olahraga hingga senam bersama.

Peringatan Haornas sangatlah penting karena dapat mengingatkan bangsa akan betapa kerasnya perjuangan di awal masa kemerdekaan. Selain itu, Haornas juga dapat menjadi pengingat akan pentingnya berolahraga. (iks)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *