Karbohidrat Pengganti Nasi

Purwokerto, SMK CBM-Nasi merupakan makanan pokok yang menjadi sumber karbohidrat dalam tubuh. Nasi bermanfaat untuk memenuhi asupan energi setiap hari sehingga konsumsi nasi dapat membuat tubuh sehat dan kuat untuk melakukan berbagai aktivitas. Selain nasi, makanan yang dapat menjadi sumber karbohidrat pengganti nasi sudah beragam.

 

Karbohidrat Pengganti Nasi

Nasi menjadi sumber karbohidrat dan protein, namun jika dikonsumsi secara berlebihan dalam menyebabkan diabetes. Sehingga konsumsi nasi harus dibarengi dengan sayur atau daging yang dapat menyeimbangkan tubuh atau dengan mengganti nasi dengan makanan berikut.

 

  1. Beras Merah

Beras merah mempunyai nutrisi yang tinggi dengan jumlah serat yang cukup tinggi juga sehingga tidak menyebabkan diabetes atau obesitas.

 

  1. Singkong

Singkong merupakan umbi kayu yang mudah didapatkan dan mempunyai karbohidrat cukup tinggi. Singkong tidak menyebabkan diabetes, bahkan cocok untuk menurunkan berat badan dengan cara direbus.

 

  1. Kentang

Kentang mengandung karbohidrat dan tidak menimbulkan kegemukan. Kentang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan sehingga rasanya lebih lezat dan menyehatkan.

 

  1. Oatmeal

Oatmeal dapat menjadi makanan pengganti nasi. Oatmeal dapat dicampurkan dengan susu atau yogurt, Anda juga dapat mencampurkanya dengan air panas agar dapat matang dengan sempurna.

 

  1. Nasi Bunga Kol

Bunga Kol mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi dan juga baik untuk kesehatan. Karena bunga kol termasuk sayuran yang menyehatkan. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, bunga kol dapat dibuat bubur tim dan dicampur dengan sayuran lainya.

 

  1. Labu Kuning

Makanan yang bisa mengganti nasi lainnya adalah labu kuning. Labu kuning mengandung karbohidrat dan serat tinggi sehingga tidak menimbulkan diabetes atau kegemukan. Anda dapat mengolahnya menjadi cemilan yang lezat yaitu puding.

 

  1. Pisang

Buah pisang sangat baik untuk makanan pengganti nasi. Pisang mengandung karbohidrat kompleks serta mengandung potasium yang baik untuk daya tahan tubuh. Pisang juga mempunyai rasa yang nikmat dan dapat dikonsumsi kapan saja.

 

  1. Olahan Gandum

Gandum dapat diolah menjadi roti atau pasta dan dapat dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Gandum mengandung karbohidrat yang dapat berperan sebagai sumber energi bagi tubuh.

Lihat juga: Cara Memanfaatkan Olahraga Sebagai Obat

Berbagai makanan sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi dapat Anda dapatkan dengan mudah dan terjangkau. Dengan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi dapat mengurangi risiko penyakit yang menyerang tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *