Cara Mencegah Penyakit Hepatitis

Purwokerto, SMK CBM-Penyakit hepatitis merupakan penyakit radang hati dan salah satu masalah yang cukup tinggi di Indonesia. Hepatitis mempunyai lima jenis, yang masing-masing mempunyai penyebaran dan penularan yang berbeda-beda. Sehingga Anda harus selalu menjaga pola hidup sehat dan mengetahui cara mencegah penyakit hepatitis.

 

Cara Mencegah Penyakit Hepatitis

Infeksi virus hepatitis dapat terjadi karena kontak fisik dan cairan tubuh. Penularan virus tersebut biasanya melalui makanan, dan perilaku hidup yang tidak sehat. Cara mencegah risiko terserang penyakit hepatitis ini dapat dilakukan dengan cara berikut.

 

  1. Melakukan vaksinasi

Vaksin hepatitis merupakan cara pencegahan yang paling efektik untuk mengurangi angka penyakit hepatitis. Vaksin dapat dilakukan dalam satu kali vaksin. Untuk anak-anak, vaksin pertama diberikan saat usia 12 hingga 23 bulan. Untuk perempuan yang sedang hamil. konsultasikan dahulu dengan dokter.

Baca Juga: Sekilas Program Keahlian Manajemen Bisnis SMK CBM

  1. Biasakan untuk mencuci tangan sebelum makan

Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dapat mengurangi risiko penyakit hepatitis. Cuci tangan juga dilakukan setelah keluat dari kamar mandi dan sebelum dan setelah mengolah bahan makanan. Sehingga dapat menjaga kebersihan tubuh dan asupan makanan yang dimasukan dalam tubuh.

 

  1. Hati-hati dengan penggunaan jarum

Jarum dan peralatan medis sangat berisiko dapat menularkan penyakit hepatitis. Penyakit hepatitis dapat dengan mudah terserang melalui cairan termasuk penggunaan jarum suntik. Sehingga penggunaan jarum sembarangan dan bergantian dapat membuat tubuh mudah terserang virus hepatitis dan penyakit lainnya.

 

  1. Hubungan seks yang aman

Penyakit hepatitis juga dapat menular melalui hubungan seks tanpa pengaman. Jika salah satu penderita hepatitis, maka kemungkinan besar akan tertular penyakit tersebut. Sehingga lakukan hubungan seks dengan menggunakan pengaman yang benar-benar aman dan tidak menimbulkan bahaya atau risiko terserang penyakit.

 

  1. Perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi

Asupan makanan adalah faktor yang paling penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Biasakan diri untuk menjaga kebersihan makanan sebelum dikonsumsi. Dan selalu mencuci tangan sebelum akan, karena hal tersebut dapat membuat makanan lebih steril. Makanan yang mentah, lebih cenderung berisiko menularkan penyakit hepatitis.

 

Cara mencegah penyakit hepatitis dapat dilakukan dengan mudah dan tidak perlu biaya yang mahal. Penularan virus hepatitis ini sangat mudah dan cepat, sehingga Anda harus lebih waspada serta menjada pola hidup sehat.

.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *