Hari Pekan Peduli Hepatitis

Purwokerto, SMK CBM-Hepatitis B merupakan penyakit radang hati yang disebabkan karena virus hepatitis B. Virus tersebut menyerang organ hati dan merupakan virus paling tinggi penularanya di dunia. Hingga saat ini sekitar 350 hingga 400 juta orang menderita Hepatitis B kronik. Hal tersebut dapat diminimalkan dengan adanya Hari Pekan Peduli Hepatitis.

 

Kapan Hari pekan Peduli Hepatitis

Peringatan Hari Peduli Hepatitis jatuh pada tanggal 4 hingga 12 September. Pekan Peduli Hepatitis B ini merupakan peringatan untuk menghimbau masyarakat akan bahaya penyakit Hepatitis B. Tujuan peringatan Pekan Peduli Hepatitis B adalah untuk meningkatkan kesadaran pada masyarakat untuk selalu hidup sehat agar terhindar dari risiko terserang penyakit ini.

 

Hepatitis B di Indonesia

Indonesia mempunyai sekitar 21, 8% penduduk yang terserang Hepatitis B. Angka tersebut menjadikan Indonesia termasuk negara dengan pengidap Hepatitis B terbanyak di dunia. Indonesia menjadi negara ketiga Asia dengan penderita Hepatitis B paling banyak. Tentu saja hal tersebut membuat Indonesia harus bangkit untuk mengurangi angka tersebut.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Sesuai dengan infeksi VHB atau penyakit infeksi utama dunia yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat, WHO membagi menjadi 3 macam daerah yaitu daerah tinggi, sedang dan rendah. Dan prevalensi VHB di negara berkembang yaitu Indonesia 10%, Malaysia (5,3%), Brunai (6,1%), Thailand (9%), dan Filipina (6%).

 

Virus hepatitis B ini dapat menular 100 kali lebih cepat dibandingkan dengan virus HIV. Dan virus ini dapat bertahan hidup selama 1 minggu di luar tubuh. Virus hepatitis B dapat terjadi melaui darah dan cairan tubuh, antara lain:

  1. Dari ibu penderita hepatitis B ke bayinya
  2. Suntikan yang tercemar VHB
  3. Transfusi darah yang tercemar virus VHB
  4. Hubungan seks dengan penderita hepatitis B tanpa pengaman

 

Penyakit Hepatitis B kronik dapat menyebabkan tingginya risiko terserang pengerasan hati, gagal ginjal dan kanker hati. Oleh karena itu, untuk mengurangi risiko penyakit Hepatitis B tersebut dilaksanakan peringatan Hari Pekan Peduli Hepatitis  di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Peringatan yang dilaksanakan kurang lebih satu pekan ini diisi dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *