Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Purwokerto, SMK CBM-Jantung adalah organ tubuh yang paling penting. Jika kesehatan jantung tidak dijaga dapat berisiko untuk terserang penyakit jantung. Penyakit ini jangan disepelakan, karena jantung mempunyai peranan penting bagi tubuh manusia. Jantung harus dipelihara dan dijaga dengan baik, cara memelihara kesehatan jantung adalah dengan pola hidup sehat.

 

Cara Memelihara Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung bertujuan agar jantung dapat berfungsi dengan baik. Dengan jantung yang sehat, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas. Cara memelihara kesehatan jantung adalah:

1.Menjaga asupan makan

Asupan makanan merupakan hal pokok yang harus diperhatikan. Makanan menjadi sumber utama organ tubuh dalam bekerja. Makanan yang mengandung lemak berbahaya dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh. Kolesterol tersebut menjadi salah satu pemicu gangguan jantung.

Lihat Juga: Website Resmi Event Tahunan CFA SMK CBM Purwokerto

2. Olahraga yang teratur

Olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung. Olahraga dapat melatih jantung agar tetap berfungsi dengan baik. Biasanya olahraga dilakukan selama 30 menit setiap pagi atau 5 kali dalam seminggu. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti jogging, berjalan, atau bersepeda.

 

3. Mengatur pola tidur

Menjaga pola tidur juga sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung. Tidur yang cukup dapat membuat tubuh bekerja dengan baik dan dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Pola tidur dapat membantu terhindar dari penyakit jantung dan penyakit lainnya. Sehingga jika tubuh sudah lelah segera untuk beristirahat.

 

4. Jaga berat badan ideal

Berat badan yang ideal dapat menjaga kesehatan jantung. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko penyakit terutama penyakit jantung. Berat badan juga dapat dipengaruhi oleh asupan makanan yang dimakan. Sehingga Anda harus selalu memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

 

5. Hindari minuman beralkohol dan rokok

Minuman beralkohol dan rokok bukan bagian dari hidup sehat. Karena dapat menyebabkan risiko penyakit jantung meningkat. Anda harus menghindari keduanya jika ingin sehat dan terhindar dari penyakit jantung. Bahkan rokok juga dapat menyebabkan komplikasi dan kecanduan.

 

6. Periksa secara rutin

Menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dengan pemeriksaan secara rutin. Karena mungkin penyakit lain belum diketahui secara pasti, sehingga Anda harus rajin periksa ke dokter agar tubuh tetap sehat.

 

Cara memelihara kesehatan jantung adalah dengan membiasakan diri hidup sehat. Tubuh yang sehat membuat semua aktivitas dapat dilakukan dengan baik. Selalu konsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *