Menjaga Kesehatan Jantung Alami

Purwokerto, SMK CBM-Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Setiap detak jantung manusia menunjukan adanya kehidupan. Jantung harus dijaga dengan baik untuk menghindari risiko terjadinya penyakit jantung. Menjaga kesehatan jantung alami dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dan yang paling utama adalah dengan pola hidup sehat.

 

Tips Menjaga Kesehatan Jantung Alami

Jantung harus selalu dalam keadaan sehat agar dapat berfungsi dengan baik. Jika terjadi gangguan pada jantung, segera konsultasikan dengan dokter sebelum bertambah parah. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung secara alami.

 

  1. Hindari makanan cepat saji

Makanan cepat saji mempunyai kandungan lemak tak jenuk yang cukup tinggi. Lemak dapat membahayakan jantung, terutama lemak tak jenuh. Makanan tersebut meliputi makanan kemasan dan olahan instan. Lemak tak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan membuat kinerja jantung terganggu.

 

  1. Tidak merokok

Kebiasaan merokok dapat membuat risiko penyakit jantung. Bahkan asap rokok dapat membahayakan kesehatan jantung bagi orang yang menghirupnya apalagi yang merokok. Risiko terserang penyakit jantung karena merokok ini hampir 30%.

 

  1. Menjaga kesehatan gigi

Gigi dan jantung mempunyai hubungan. Kesehatan gigi dapat membuat jantung menjadi sehat. Sehingga Anda harus sering mengosok gigi dengan rutin untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Lihat juga: Juknis Lomba CBM Got Talent CFA SMK CBM 2019

 

  1. Istirahat yang cukup

Istirahat adalah waktu untuk merileksasikan tubuh. Dengan istirahat yang cukup dapat membuat tubuh menjadi sehat dan jantung berfungsi dengan baik. Jika kurang tidur, jantung akan bekerja lebih lama dapat mengganggu proses biologis dan menurunkan fungsi jantung.

 

  1. Kontrol tekanan darah

Tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung lebih cepat. Idealnya usia 18 hingga 30 tahun Ada dapat memeriksanya setiap tiga tahun, jika usia sudah diatas 30 tahun maka harus diperiksa setiap tahun. Dengan tekanan darah yang normal dapat mengotimalkan kinerja jantung dalam tubuh.

 

Kesehatan jantung sangat penting dalam kehidupan manusia. Sehingga jika jantung Anda bermasalah dapat menyebabkan gangguan lainnya dalam tubuh. Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung alami adalah cara yang paling mudah untuk menjaga jantung akan tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *