Hari Jantung Sedunia

Purwokerto, SMK CBM-Penyakit jantung dan stroke merupakan penyakit yang menyebabkan kematian nomor satu di dunia. Di Indonesia sendiri, penyakit ini masih menjadi penyebab kematian tertinggi. Sehingga seluruh masyarakat harus ikut berperan  untuk mencegah tingginya angka kematian karena penyakit tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya penyakit jantung adalah dengan peringatan Hari Jantung Sedunia.

 

Kapan Peringatan Hari Jantung Sedunia

Peringatan World Heart Day yaitu pada tanggal 29 September. World Heart Day diperingati oleh negara di seluruh dunia dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan jantung agar dapat terhindar dari penyakit jantung atau stroke. Penyakit jantung dapat dicegah jika masyarakat ikut andil dalam mengurangi angka kematian akibat penyakit tersebut.

 

Kemenkes Indonesia membentuk komite nasional untuk membuat program sebagai pencegahan penyakit jantung dan menurunkan angka kematian akibat penyakit tersebut. Dalam rangka memperingati World Heart Day tersebut, dilakukan berbagai program lainnya yang berisi edukasi untuk masyarakat sehingga mereka sadar akan penyakit jantung dan akibatnya.

Baca Juga: Juknis Lomba PMR CFA SMK CBM Purwokerto 2019

Angka kematian yang semakin tinggi karena penyakit jantung menjadi pemicu sangat diperlukanya edukasi dan sosialisasi kepada seluruh masyarakat akan pentingnya menjaga jantung. Edukasi tersebut dilakukan dalam rangka mengurangi angka kematian akibat penyakit jantung atau stroke yang ada di dunia.

 

Kegiatan World Heart Day

Sebagai bentuk kepedulian terhadap penyakit jantung dan akibatnya, Kemenkes RI membuat berbagai progam salah satunya dengan mengadakan sosialisasi dibeberapa daerah dengan masyarakat sekitar. Sosialisasi dilakukan dengan media langsung dan media tidak langsung, seperti pemasangan spanduk dan umbul-umbul serta pembaguan brosur.

 

Selain itu, untuk lebih meningkatkan kasadaran masyarakat akan penyakit jantung, dilakukan juga penyampaian materi secara langsung yang menjelaskan mengenai apa itu penyakit jantung, hingga dampak negatif yang ditimbulkan hingga dapat berujung kematian. Bahkan di dunia, angka kematian tertinggi disebabkan karena terserang penyakit jantung.

 

Hari Jantung Sedunia diperingati setiap tahunnya oleh semua negara di dunia, termasuk di Indonesia. Dengan peringatan hari penting tersebut dapat meningkatkan pengetahuan bagi masyarakat dan para generasi muda akan pentingnya menjaga kesehatan jantung. Penyakit jantung dapat dicegah dengan berbagai cara, salah satunya dengan selalu hidup sehat dimana saja.

SMK Citra Bangsa Mandiri Purwokerto mengucapkan: Selamat hari jantung sedunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *